Jumat, 15 Mei 2009

SIFAT OPTIS AIR

SIFAT OPTIS AIR


Sifat optis air sangat berhubungan dengan intensitas matahari. Hal ini berkaitan dengan besarnya sudut penyinaran yang dibentuk cahaya yang tiba dipermukaan air sebagian akan dipantulkan dan sebagian akan diteruskan. Pada perairan laut yang bergelombang cahaya sebagian dipantulkan dan dihamburkan. Sifat yang diteruskan sebagian akan di absorbsi (Anonymous, 2008)
Cahaya yang mencapai permukaan bumi dan permukaan perairan terdiri atas cahaya yang langsung (direct) berasal dari matahari dan cahaya yang disebarkan (diffuse) oleh awan (yang sebenarnya juga berasal dari cahaya matahari)(cole,1988).penetrasi cahaya kedalam air sangat dipengaruhi ole intensitas dan sudut datang cahaya, kondisi permukaan air dan bahan-bahan yang terlarut dan tersuspensi di dalam air (Boyd,1988; welch, 1952). Cahaya matahari yang mencaai permukaan perairan tersebut sebagian diserap dan direfleksikan kembali. Sebagian cahaya matahari dipantulkan kembali kepermukaan air, dengan intensitas yang bervariasi menurut sudut datang cahaya dan musim. Sudut datang cahaya matahari kepermukaan air bervariasi secara harian. Pada sudut datang tepat 90o (terjadi pada sekitar pkul 12.00), intensitas cahaya matahari yang dipantulkan sekitar 1,5% - 2,0%. Semakin kecil sudut datang cahaya, semakin banyak cahaya yang dipantulkan (Effendi, 2003)
Sifat optis air sangat berhubungan dengan intensitas matahari Semakin lama matahari berada. Sifat optic air dimiliki semakin besar sudut dating semakin besar. Intensitas matahari semakin besarmaka sifat optis air akan bervariasi (Nybaken, 1985).
Faktor cahaya matahari yang masuk kedalam air akan mempengaruhi sifat-sifat optis. Sebagian cahaya mataharu tersebut akan diabsorbsi dan sebagian lagi akan dipantulkan keluar permukaan air. Kondisi optic dalam air selain dopengaruhi oleh cahaya matahari juga dipengaruhi oleh berbagai substrat dan benda lain yang terdapat dalam air. Misalnya oleh plankton yang terlarut dalam air (Barus, 2007).
Sifat optic berhubungan dengan kekeruhan dimana kekeruhan menggambarkan sifat-sifat air yang ditentukan berdasarkan banyaknya cahaya yang diserap dan dipantulkan oleh bahan-bahan yang terdapat di dalam air (Effendi, 2003).

Soal
Pengertian sifat optis air.
Faktor – faktor yang mempengaruhi sifat optis air?
Hubungan sifat optis air dan intensitas matahari?


YULI SUPRIHATIN
0710810001
MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN
Jln Kerto Rahayu 25 A
081373552693/087859096971

1 komentar:

  1. hahahahahahaha...........ini bisa dijadikan referensi adik2 praktikan oceanografi.....ayo di copy paste..,hhahahaha

    BalasHapus